Kriteria Backlink yang Bagus
SEO

Kriteria Backlink yang Bagus

Istilah backlink mungkin masih belum terlalu familiar untuk Anda yang baru memiliki website atau blog. Terutama membedakan mana jenis backlink yang bagus, dan mana yang kurang bagus. Setiap pengelola web maupun blog, harus tahu cara membuat backlink pada website.

Nah, di artikel kali ini, pembahasan backlink tidak hanya untuk pemula. Informasi ini, juga cocok untuk Anda yang sudah mengenalnya, namun tidak mengetahui  kriteria kualitas-kualitasnya.

Mengenal Apa Itu Backlink?

Singkatnya, backlink adalah link yang dipasang pada website atau blog. Nah, link tersebut nantinya akan diarahkan ke website/blog yang dikehendaki. Optimasi tersebut dikenal juga dengan istilah link building.

Tujuan utamanya yaitu untuk meningkatkan traffic dan ranking di mesin pencari. Semakin banyak backlink ke website Anda, maka mesin pencari akan menilai kalau website Anda merupakan rujukan dari banyak blog. Hal inilah yang akan meningkatkan kualitas website Anda dari segi SEO.

Optimasi ini masuk ke dalam kategori SEO off page. Di dalam optimasi tersebut, dikenal juga istilah inbound link dan external link. Artinya, ada penerima dan pemberi backlink. Orang yang meletakkan link di website-nya disebut pemberi, dan website yang mendapatkan link adalah penerima.

Kriteria Backlink Berkualitas

Nah, sampai di sini sedikitnya Anda sudah mengenal apa itu Backlink. Beberapa kalangan menilai, untuk mendapatkan hasil optimal, link yang mengarah ke website harus banyak. Dengan begitu, website pun akan naik peringkat. Optimasi ini, tidak sesederhana itu.

Jasa Backlink PBN High Authority: https://www.masterseo.id

Ada standar atau kriteria kualitas agar website penerima backlink mendapatkan hasil optimal. Ingin tahu apa kriteria kualitasnya? Simak berikut rangkumannya.

Anchor Text dan Keyword yang Relevan

Saat ini, Google sudah semakin pintar dalam menilai sebuah backlink. Teknologi mesin pencari ini sudah mampu menilai tingkat relevansi antara keyword dan anchor text yang relevan. Relevan yang dimaksud yaitu, antara artikel, dengan link yang ditanam harus sesuai topiknya.

Contohnya, artikelnya memuat tulisan yang membahas seputar wisata. Nah, link website yang dimasukkan, juga harus memiliki topik serupa, yaitu wisata. Karena, tingkat relevansi juga mempengaruhi kualitas dari backlink itu sendiri.

Website Pemberi Backlink Harus Sudah Terindeks Google

Sebelum ditanam link, pastikan website pemberi sudah terindeks oleh Google. Jika belum terindeks, sebaiknya jangan digunakan terlebih dahulu. Bangun blog atau website hingga terindeks terlebih dahulu sebelum ditanam link.

Untuk mengecek suatu blog/website sudah terindeks caranya mudah. Silahkan Anda buka Google terlebih dahulu. Setelah itu, ketikkan “site:websitemilikanda.com”, lalu klik enter. Jika blog/website sudah terindeks, maka akan muncul di hasil mesin pencari. Jika belum, maka tidak akan muncul.

Bersifat Permanen

Sebagai informasi, website pemberi backlink yang sudah expired, kualitasnya akan berkurang. Bahkan, kualitasnya tidak akan berpengaruh. Jadi, pastikan Anda memilih website yang bersifat permanen, atau aktif. Dengan begitu, backlink Anda akan bertahan lama.

Banyak kasus link yang hilang akibat kejadian seperti di atas. Hal tersebut umumnya terjadi karena domainnya sudah kadaluarsa.

Website Pemberi Backlink Memiliki Authority

Authority atau pengaruh pada website juga menentukan seberapa besar kualitasnya. Kredibilitas dan pengaruhnya, akan menentukan tingkat kesuksesan dari optimasi SEO off page ini.

Untuk memeriksa kredibilitasnya, Anda bisa menggunakan software bernama Ahrefs atau Moz. Perangkat lunak tersebut, bisa digunakan untuk memeriksa sejauh mana authority-nya. Penilaian akan diukur dari skala 1 hingga 100. Skala diukur dengan sebutan Domain Rating atau DR (Ahrefs) dan Domain Authority atau DA (Moz).

Nah, DR atau DA sendiri, nantinya bisa mengukur seberapa banyak backlink berkualitas yang didapatkan sebuah website. Artinya, semakin tinggi DR suatu website, maka semakin besar potensi backlink yang dihasilkan.

Memiliki Traffic yang Bagus

Tidak hanya DA, traffic website yang memberi link juga harus bagus. Pertimbangkan untuk memilih website dengan jumlah traffic yang bagus. Dengan begitu, kualitas backlink akan semakin bagus.

Untuk mengukur traffic website, caranya cukup mudah. Anda juga bisa menggunakan software Ahrefs untuk mengetahuinya. Pastikan website yang akan ditanam link mendapatkan traffic bulanan yang bagus.

Mempertimbangkan Kualitas Outbound Link

Umumnya, website yang memiliki backlink bagus, tidak akan sembarangan memberikan backlink-nya. Mereka hanya akan memberikannya kepada website berkualitas saja. Maka dari itu, perhatikanlah outbound link dari website yang akan digunakan.

Cek terlebih dahulu rekam jejak outbound link website yang akan dipilih. Pastikan mereka memberikan outbound link mereka ke website yang berkualitas.

Memiliki Standar Editorial yang Bagus

Selain kualitas website, Anda juga harus memperhatikan kualitas konten pada website tersebut. Pastikan website yang dipilih juga memiliki standar editorial yang bagus. Salah satu contohnya seperti portal berita.

Selain portal berita, Anda juga bisa memilih website milik blogger. Namun, pastikan blognya kredibel dan juga memiliki standar editorial yang bagus.

Backlink yang Dibangun Secara Natural

Backlink natural yaitu optimasi yang dibangun tanpa permintaan. Contohnya seperti Facebook. Banyak sekali website yang memberi informasi terkait media sosial tersebut. Kebanyakan mereka yang membuat konten terkait Facebook, secara cuma-cuma menanam link yang mengarah pada media sosial tersebut.

Untuk mendapatkan backlink free ini memang tidak mudah. Pertama-tama, website Anda harus memiliki kredibilitas yang baik. Dengan backlink ini, website Anda akan mendapatkan keuntungan besar tanpa harus mengeluarkan biaya.

Kesimpulan

Backlink tidak boleh ditanam begitu saja. Kualitas backlink yang bagus tidak hanya dinilai dari seberapa banyak yang diterima. Kualitasnya juga ditentukan oleh seberapa bagus website yang dipilih, hingga tingkat relevansinya.

Berencana ingin link building untuk website? 8 kriteria kualitas backlink di atas akan membantu Anda untuk mendapatkan hasil yang baik. Agar hasilnya optimal, Anda bisa aplikasikan trik di atas. Selamat mencoba.

Title : Kriteria Backlink yang Bagus

You might also like