Cara Menjalankan Bisnis Affiliate Marketing
Bisnis

Cara Menjalankan Bisnis Affiliate Marketing

Pernah mendengar tentang bisnis affiliate marketing? Bisnis yang satu ini terbilang susah susah gampang untuk dijalankan. Tapi sebenarnya apa sih affiliate marketing ini? Affiliate marketing adalah salah satu pekerjaan passive income yang cukup menjanjikan. Passive income sendiri adalah pekerjaan di mana Anda tidak membutuhkan waktu seharian untuk mengerjakannya.

Pada dasarnya affiliate marketing dilakukan untuk meningkatkan penjualan sebuah brand atau produk melalui internet. Tentu saja jika Anda memahami cara bisnis affiliate marketing maka akan dengan mudah mendapatkan fee besar. Di bawah ini sendiri akan dijelaskan bagaimana cara untuk dapat menjalankan bisnis yang satu ini.

1. Pilih Niche

Bisa dikatakan Niche adalah target pemasaran atau pasar yang ingin Anda tuju ketika ingin menjalankan affiliate marketing. Niche juga bisa diibaratkan kelompok orang yang tertarik dengan barang yang akan dipasarkan. Jika Anda sudah menentukan Niche, maka Anda akan dengan mudah menentukan topik website dan juga menentukan produk afiliasi.

Lihat juga Tips Mulai Bisnis Jastip

Untuk menentukan Niche ini, Anda dapat memilih yang memang sesuai dengan hobi serta passion. Dengan demikian, Anda akan mudah membuat konten yang sesuai dengan kemampuan, pengalaman serta pengetahuan Anda. Dari sini maka akan terlihat bahwa konten yang dibuat memiliki nilai yang bisa dirasakan oleh target pemasaran.

2. Cek Niche Dengan Program Afiliasi

Ketika sudah berniat melakukan bisnis affiliate marketing dan menentukan Niche yang akan digunakan, Anda tidak bisa langsung begitu saja melakukan pemasaran. Anda harus mengecek apakah niche yang Anda gunakan memiliki program afiliasi. Hal ini sangatlah penting karena tanpa program afiliasi tidak mungkin bisnis akan berjalan.

Temukan Niche yang memang mempunyai program afiliasi yang cukup luas, sehingga Anda dapat mengembangkan bisnis ini dengan lebih mudah. Namun, perlu diperhatikan bahwa anda harus benar-benar memahami produk yang akan Anda jadikan partner.

3. Pilih program Afiliasi yang Tepat

Jika sudah yakin bahwa Niche yang dipilih memiliki banyak program afiliasi, maka selanjutnya adalah memilih program yang tepat. Dalam hal ini Anda memerlukan riset secara besar-besaran untuk menemukannya.

Tentu ini masuk dalam proses bisnis affiliate marketing yang cukup panjang waktunya. Namun, perlu diingat hal ini untuk membuat pekerjaan Anda lebih mudah.  Ketika melakukan riset tentu ada beberapa pertanyaan yang perlu Anda ingat dan temukan jawabannya. Pertama adalah siapa saja yang menggunakan program tersebut.

Dari sini maka Anda akan menemukan seberapa banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Selanjutnya, adalah seberapa banyak komisi atau bayaran yang bisa Anda peroleh ketika menjalankan program tersebut.

Tidak hanya itu saja, Anda juga harus memastikan support apa yang bisa diberikan oleh program terhadap Anda. Karena bisa saja, ketika sedang menjalankan program affliasi, Anda akan membutuhkan bantuan dari customer service agar bisa membuat konten menarik.

4. Research Produk Afiliasi

Strategi bisnis affiliate marketing selanjutnya adalah dengan melakukan research terhadap produk yang ada. Pada bagian ini Anda tidak dapat memasarkan produk apa yang Anda sukai, karena kuncinya sendiri adalah mencari produk yang paling relevan dengan Niche yang dipilih. Hal ini sangat penting agar nilai penjualan atau konversi menjadi lebih tinggi.

Sudah dapat dipastikan jika semakin tinggi relevansi produk dengan Niche yang diletakan di website, maka kemungkinan besar target akan membeli produk tersebut dari situs yang Anda jalankan. Ini tentu saja akan memberikan keuntungan yang besar. Jadi pastikan bahwa produk afiliasi memiliki hubungan erat dengan pilihan Niche.

5. Buat Website atau Landing Page

Dalam menjalankan bisnis affiliate marketing memiliki website atau Landing page adalah hal yang sangat penting. Walaupun terkesan susah, namun jaman sekarang membuat website tidaklah serumit dulu. Banyak sekali cara yang dapat Anda pilih untuk memiliki website sendiri, contohnya dengan membeli hosting atau menggunakan platform gratis seperti blogspot dan wordpress.

Perlu diingat ketika membuat website dan landing page ini, gunakan template yang menarik serta memiliki kenyamanan untuk pembaca. Jangan gunakan template yang terlalu banyak warna.

6. Menyusun Rencana

Jika hal penting di atas sudah dipersiapkan maka selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menyusun strategi bisnis affiliate marketing yang akan dijalankan. Pada proses ini, Anda harus benar-benar membuat rencana yang signifikan agar marketing berjalan dengan sukses. Jangan membuat satu rencana saja, buatlah beberapa rencana yang memang sekiranya memiliki peluang bagus.

Tidak hanya itu saja, mempersiapkan waktu untuk menjalankan rencana yang ada juga harus bisa Anda siapkan. Karena bisnis ini masuk ke dalam passive income, Anda hanya perlu menyediakan waktu 2 hingga 4 jam sehari untuk menjalankannya. Namun, pada bagian ini Anda harus konsisten, jangan pernah menurunkan waktu yang Anda sediakan agar marketing dapat berjalan dengan baik.

7. Menulis Review Produk

Pada poin ini, bisa dikatakan masuk ke dalam strategi atau rencana untuk menjalankan affiliate marketing. Pada kenyataannya, menulis review produk menjadi strategi bisnis affiliate 2020 yang terampuh. Banyak sekali pemasukan besar yang didapatkan ketika Anda berhasil membuat sebuah review yang memang dibutuhkan oleh masyarakat.

8. Terus Update Informasi

Tidak hanya menulis review produk saja, Anda juga perlu sekali membuat tulisan yang membahas tentang masalah, pertanyaan, atau bahkan isu-isu yang memang sesuai dengan niche program afiliasi. Disini Anda hanya membutuhkan waktu untuk selalu mengikuti perkembangan informasi serta melakukan riset untuk memberikan jawaban akan masalah yang sedang dibahas.

9. Meningkatkan Traffic

Agar bisnis ini berkembang, Anda juga perlu meningkatkan traffic ke website atau ke landing page. Hal ini sangatlah penting karena dengan meningkatkan traffic maka promosi akan berjalan semakin luas dan mencapai target yang diinginkan. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan traffic website.

Cara pertama adalah dengan share ke semua media sosial yang ada pada saat ini. Ada banyak sekali media sosial yang dengan bebas Anda gunakan untuk menyebarkan konten. Contoh seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya. Cara ini sendiri termasuk yang paling mudah dan gratis. Anda juga dapat membayar jasa untuk meningkatkan traffic.

10. Konsisten dan Jangan Menyerah

Cara terakhir agar bisnis affiliate marketing sukses adalah selalu konsisten jangan menyerah. Karena untuk bisa mendapatkan penghasilan dan keuntungan besar, Anda harus banyak mengerahkan banyak waktu serta pikiran.

Lihat juga Jenis Usaha Jasa Tanpa Modal

Sampai disini ulasan terkait dengan tips menjalankan bisnis affiliate, semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda semua.

Title : Cara Menjalankan Bisnis Affiliate Marketing

You might also like