De Mata Trick Eye Museum
Travel

De Mata Trick Eye Museum

Wisata Yogyakarta tak akan pernah ada habisnya. Berbagai tempat wisata baru bermunculan dan menyesuaikan dengan keinginan serta trend para wisatawan. Saat ini, wisata dengan spot foto yang unik sedang menjadi trend. Itulah kenapa De Mata Trick Eye Museum hadir di Yogyakarta. Tak seperti museum pada umumnya, namun tempat ini menawarkan spot foto yang keren. Sebagai museum 3 dimensi pertama yang ada di Indonesia, banyak wisatawan lokal dan manca negara berbondong-bondong berkunjung ke tempat ini.

Apa Itu De Mata Trick Eye Museum?

De Mata Trick Eye Museum Yogyakarta adalah sebuah tempat yang merupakan bagian dari XT Square, tepatnya di bagian basement. Basement tersebut dijadikan sebuah tempat yang menawarkan pesona tipuan mata yang dirangkai dalam bingkai museum. Tentu saja ide ini sangat unik dan menakjubkan. Maka, tak heran banyak sekali wisatawan mengantri untuk masuk dan berfoto dengan spot-spot yang telah disediakan.

Menjadi museum 3 dimensi pertama yang hadir di Yogyakarta, tempat ini hadir sejak beberapa tahun silam tepatnya pada tahun 2003. Dengan luas 1600 meter persegi, tempat ini penuh dengan hiasan labirin dan 120 gambar 3 dimensi sebagai spot foto yang unik dan menarik. Dengan berfoto di sini, kalian akan menghasilkan foto yang anti-mainstream. Kalian pun bisa lebih eksis dengan membagikan hasil foto tersebut ke berbagai sosial media.

Yang membuat De Mata Trick Eye Museum istimewa adalah karena museum ini memiliki lukisan 3 dimensi paling banyak di dunia. Bahkan, ukurannya bisa mencapai kurang lebih 5 meter. Museum ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan dengan konsep keseruan yang tiada tanding. Yang pasti, museum ini paling cocok untuk hunting foto dengan pose unik.

Lokasi De Mata Trick Eye Museum

Jika kalian sudah tahu XT Square, maka museum De Mata ini berada di dalamnya, tepatnya di bagian basement. Seperti kita tahu, XT Square adalah tempat pameran kesenian terbesar di Yogyakarta. Jika kalian belum pernah ke XT Square, alamatnya ada di jalan Veteran, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta. Berada di pusat kota Jogja, tentu saja bukan hal yang sulit untuk menemukan lokasi museum ini.

Rute De Mata Trick Eye Museum

Rute untuk menuju museum ini sangat mudah, baik dari arah timur, barat, utara maupun selatan. Dari Titik Nol Jogja, silahkan ke arah timur lewat jalan Panembahan Senopati dan belok ke selatan setelah sampai di perempatan. Melewati jalan Brigjend Katamso, silahkan tetap lurus hingga perempatan dan belok ke timur melewati jalan Kolonel Sugiono. Setelah berjalan lurus, kalian akan sampai di jalan Menteri Supeno dan jalan Veteran, lokasi XT Square akan terlihat. Dari pusat kota menuju lokasi ini, jaraknya hanya sekitar 4 km dan memerlukan waktu kurang lebih 15 menit dengan sepeda motor.

Jam Buka Museum De Mata Yogyakarta

Museum ini buka setiap hari dari Senin sampai Minggu. Artinya, kalian bisa datang ke tempat ini di hari apa saja. Namun, kalian harus tahu kapan jam bukanya. Beroperasi selama 12 jam setiap harinya, museum yang berlokasi di basement XT Square ini mulai buka dari jam 10 pagi dan tutup pada jam 10 malam. Jadi, pastikan kalian mendatanginya di antara jam tersebut.

Harga Tiket Masuk Museum De Mata

Untuk masuk De Mata Trick Eye Museum, kalian harus membeli tiket terlebih dahulu. Di hari Senin sampai jumat jam 10 pagi hingga jam 3 sore, tiket masuknya seharga 60 ribu rupiah. Di hari yang sama setelah jam 3 sore hingga jam 10 malam, tiket masuknya sedikit lebih mahal menjadi 80 ribu rupiah. Di akhir pekan, tiket masuknya adalah sebesar 100 ribu rupiah. Jika kalian membawa anak usia di bawah 5 tahun, ia tak perlu membayar tiket masuk alias gratis.

Selain harga tiket masuk museum De Mata di atas, ada juga tiket terusan dengan musem De Arca atau De Arca Statue Museum. Harga tiket masuknya adalah 90 ribu untuk hari Senin sampai Jumat jam 10 pagi hingga jam 3 sore dan 100 ribu rupiah setelah jam 3 sore di hari yang sama. Jika kalian berkunjung di akhir pekan, kalian harus membayar sebesar 120 ribu rupiah untuk tiket masuknya. Lagi-lagi, anak di bawah usia lima tahun juga tidak dikenakan tarif tiket terusan ini.

Ketika berkunjung ke museum ini menggunakan kendaraan pribadi, kalian juga akan dikenakan tarif parkir, tergantung jenis kendaraan yang digunakan. Untuk sepeda motor, tarif parkirnya adalah sebesar 2 ribu rupiah. Untuk kendaraan mobil, tarif parkirnya sebesar 5 ribu rupiah sedangkan bus harus membayar tarif parkir sebesar 10 ribu rupiah.

Fasilitas De Mata Trick Eye Museum

Saat ini, fasilitas yang tersedia di De Mata Trick Eye Museum sudah terbilang lengkap. Dengan fasilitas yang lengkap, tentunya pengunjung menjadi lebih nyaman. Selain spot-spot foto yang unik dan menarik, tersedia juga toilet. Kemudian, ada juga kantin untuk jajan makanan dan minuman setelah lelah dan lapar karena menjelajahi tempat ini. Area parkir yang luas juga membuat pengunjung merasa nyaman memarkirkan kendaraannya. Lalu, di dalam gedung juga digunakan AC agar tetap nyaman meski berjalan dari satu tempat ke tempat lain untuk menjelajahi tempat ini.

Untuk kalian yang butuh koneksi internet, jangan khawatir karena tempat ini menyediakan Free Wifi. Jadi, kalian bisa berinternetan sepuasnya secara gratis. Local Guide juga siap menemani kalian dalam menjelajahi museum ini. Bukan hanya menjelaskan setiap koleksi yang disediakan, namun local guide ini juga akan mengarahkan kalian supaya bisa mendapatkan pose foto yang keren. Terakhir, jangan lupa mampir ke souvenir shop untuk membeli oleh-oleh sebelum pulang.

Salah satu contoh koleksi 3 dimensi yang sangat keren untuk berfoto adalah berpose diberi setangkai bunga mawar putih oleh gubernur Sri Sultan Hamengku Buwono X. Selain itu, kalian juga bisa berpose seolah-olah sedang menyundul bola yang tengah dioper oleh mega bintang sepak bola, Lionel Messi. Kalian juga bisa mencoba berfoto seolah-olah memanjat sebatang bamboo yang ditemani seekor panda yang lucu. Dan masih banyak lagi foto keren lainnya yang harus kalian coba.

Tentu saja, kalian pasti tak ingin ketinggalan memiliki foto-foto keren yang hanya bisa didapat di De Mata Trick Eye Museum di Yogyakarta ini. Bagi yang punya rencana menghabiskan liburan ke Yogyakarta, dapatkan promo dan paket wisata di tempat ini atau wisata lain di Yogyakarta dengan mengunjungi https://www.kartanesia.com. Semoga liburan kalian luar biasa dan tak terlupakan bersama tim kami.

Title : De Mata Trick Eye Museum

You might also like