Candi Sewu
Travel

Candi Sewu

Wisata candi tentu bisa menjadi pilihan untuk Anda yang mungkin ingin merasakan vibe liburan di tempat bersejarah. Jogja sendiri memiliki banyak opsi wisata candi. Salah satu candi yang paling direkomendasikan adalah Candi Sewu.

Kompleks candi ini terletak di Dukuh Bener, salah satu desa di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan. Lokasi candi ini hanya 100 meter ke arah utara dari  tempat wisata candi terdekat, yaitu Candi Prambanan.

Candi ini bercorak Buddha dan dibangun sekitar abad ke-8. Dari segi tahun pembangunannya, jelas situs candi ini jauh lebih tua dibandingkan dengan situs candi Buddha terbesar di dunia, Candi Borobudur.

Situs candi ini tidak benar-benar berjumlah seribu seperti namanya. Total jumlah bangunan candi di kompleks wisata candi ini hanya 249 buah saja.

Dinamakan demikian karena masyarakat setempat melihat jumlah candi di situs tersebut ada begitu banyak.

Sejarah Candi Sewu

Sejarah Candi Sewu

Objek wisata Candi Sewu merupakan ratusan candi yang dibangun oleh Raja Mataram Kedua, Rakai Panangkaran. Beliau memerintah Kerajaan Mataram dari tahun 746 sampai tahun 784 Masehi.

Berdasarkan sumber tertulis Prasasti Kelurak dan juga Prasasti Manjusrigrha, candi ini memiliki nama asli Prasada Vajrasana Manjusrigrha.

Jika dilihat dari maknanya, fungsi dari candi ini adalah sebagai pusat kegiatan keagamaan. Selain itu, candi ini juga sering digunakan untuk kegiatan politik pada masa itu.

Coba Anda perhatikan letak candi ini; candi ini terletak bersebelahan dengan Candi Prambanan yang merupakan candi Hindu. Ini membuktikan bahwa Kerajaan Mataram Kuno begitu menjunjung tinggi nilai toleransi dalam beragama.

Usai Mataram Kuno runtuh, candi ini terbengkalai dan tenggelam oleh abu vulkanik pasca erupsi Merapi.

Lalu pada tahun 1733, seorang pedagang asal Belanda yang bernama Cornelius Antonie Lons tak sengaja menemukan situs bangunan candi ini.

Proses penggalian pun mulai dilakukan sejak tahun 1806 atas perintah seorang arkeolog Belanda, Hermann Cornelius. Proses ini rampung setahun kemudian, yaitu tahun 1807.

Lihat juga tempat populer di Yogyakarta Pantai Parangtritis.

Daya Tarik Candi Sewu

Ada beberapa alasan mengapa Anda direkomendasikan untuk memilih situs candi sebagai pilihan tempat liburan Anda kali ini. Berikut alasannya:

Sunrise dan Sunset

Candi ini juga menjadi titik lokasi yang ideal untuk menikmati sunrise dan sunset. Anda bisa melihat keindahan sunrise atau sunset secara langsung dari pelataran candi ini.

Gowes Keliling Candi

Isi waktu liburan Anda dengan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan. Salah satunya adalah gowes atau bersepeda di area sekitar kompleks candi ini.

Ada jalur tersendiri untuk pesepeda. Jalur ini dikelilingi oleh taman berumput yang dipangkas rapi. Di tepian jalur, masih banyak pohon berdaun rindang sehingga udara di area ini sangat segar dan bersih.

Anda bisa gowes di pagi atau sore hari sembari menunggu momen sunrise atau sunset.

Sarana Edukasi

Semua situs sejarah tentu memiliki peran sebagai sarana edukasi bagi para pengunjungnya. Tak terkecuali candi ini.

Anda dan pengunjung lainnya bisa mendapatkan wawasan baru dari candi. Seorang pemandu dari paket tour Jogja murah dari Salsa Wisata akan memandu Anda.

Situs candi bersejarah ini juga sangat baik untuk menjadi wahana edukasi bagi generasi muda kita, khususnya anak-anak. Melalui bangunan candi, relief, dan arca yang ada di dalamnya, mereka dapat belajar akan kehebatan nenek moyang kita.

Pagelaran Seni

Kompleks candi ini merupakan lokasi diselenggarakannya pagelaran seni budaya yang diadakan secara rutin setiap hari Selasa, Kamis, dan Jumat.

Jika Anda tertarik untuk menontonnya, silahkan membeli tiket terlebih dahulu ke pihak pengelola. Acara pagelaran seni budaya ini biasanya dimulai pada pukul 19.30 WIB di pelataran candi ini.

Fasilitas Candi Sewu

Sebagai salah satu rekomendasi tempat wisata sejarah terbaik di Kecamatan Prambanan, kompleks candi ini telah memiliki fasilitas yang sangat lengkap.

Fasilitas-fasilitas ini diharapkan dapat membuat semua pengunjung di sini nyaman.

Lantas, ada fasilitas apa saja yang dapat Anda jumpai di sini? Yang pertama adalah mushola. Fasilitas mushola ini cukup luas dan sudah dilengkapi dengan tempat wudhu.

Fasilitas yang kedua adalah pusat kuliner yang menawarkan banyak pilihan menu makanan khas Jogja yang enak.

Terdapat fasilitas kursi taman yang tersebar di beberapa lokasi. Kursi taman ini memang diperuntukan bagi pengunjung yang ingin beristirahat sebentar setelah puas jalan-jalan di sekitar candi.

Fasilitas toilet mudah Anda temui di area taman dan area dekat dengan kompleks candi. Lalu tersedia juga tempat parkir yang sangat luas. Antara area parkir untuk sepeda motor, mobil, dan bus pariwisata berada di lahan yang berbeda.

Fasilitas yang terakhir adalah pusat oleh-oleh dengan ragam jenis oleh-oleh super-lengkap. Misalnya saja oleh-oleh khas Jogja baju batik, makanan ringan, souvenir, dan masih banyak jenis lainnya. Semua ini bisa Anda temui di sebuah pasar khusus di belakang lokasi wisata candi ini.

Harga Tiket Masuk Candi Sewu

Sekedar info, situs candi ini berada di dalam kawasan wisata Candi Prambanan. Jadi, untuk masuk ke area wisata candi ini, Anda perlu membeli tiket masuk Candi Prambanan.

Berikut adalah info HTM terbaru objek wisata Candi Prambanan:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk – Dewasa Rp40.000,00
Tiket Masuk – Anak-Anak Rp20.000,00
Parkir Sepeda Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00
Parkir Bus Rp20.000,00

HTM di atas berlaku untuk kunjungan wisata di hari kerja alias Senin-Jumat. Untuk kunjungan wisata selama libur akhir pekan dan libur nasional, harga tiket masuknya sedikit lebih mahal.

Lokasi dan Rute Menuju Candi Sewu

Lokasi Candi Sewu

Tempat wisata sejarah di Jogja ini berada di alamat Jalan Raya Yogyakarta-Solo KM 16, Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Lokasi candi ini sangat strategis; tepat di samping Jalan Yogyakarta-Solo.

Anda bisa mengakses alamat ini dengan menggunakan transportasi umum seperti Trans Jogja Jalur 1A atau bus jurusan Jogja-Solo.

Untuk Anda yang memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi agar perjalanan nyaman, tentu ini menjadi pilihan terbaik.

Jasa sewa mobil dari Salsa Wisata juga bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda yang ingin memiliki pengalaman perjalanan yang fun dan nyaman. Kami menawarkan beberapa rekomendasi paket sewa mobil kepada Anda.

Silahkan Anda dapat memilih satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misal, Anda ingin liburan bersama rombongan dengan jumlah belasan orang, paket sewa mobil Elf Short Jogja sehari terdengar cocok untuk Anda.

Jam Operasional Candi Sewu

Wisata candi ini memiliki jam operasional yang sama dengan Candi Ratu Boko dan Candi Prambanan, yaitu dari jam 06.00 sampai jam 17.00 WIB. Untuk harinya, buka setiap hari Senin-Minggu dan juga hari libur nasional.

Anda sebaiknya datang pagi hari karena selain bisa jogging atau bersepeda di sekitar taman, cuacanya juga belum terlalu panas.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sisa waktu kunjungan Anda untuk berwisata kuliner misal berburu sarapan di pusat wisata kuliner Jogja terdekat.

Demikian sekilas info tentang wisata Candi Sewu. Anda bisa jadikan info ini sebagai referensi tambahan ketika memutuskan untuk liburan ke candi ini. Selamat liburan.

Title : Candi Sewu

You might also like