Pantai Parangtritis
Travel

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis memang merupakan wisata pantai yang sangat populer di Jogja. Tempat berlibur yang dikenal akan mitos Ratu Kidul ini berjarak sekitar 25 Km dari pusat Kota Jogja.

Dibalik sisi mitosnya tersebut, tempat rekreasi yang terletak di Kabupaten Bantul ini menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Jogja.

Jadi, tak heran jika para wisatawan luar kota yang belum ke sini maka belum dianggap ke Jogja.

Asal Usul Pantai Parangtritis

Dari sisi magis, tentu saja wisata Pantai Parangtritis ini menyimpan beberapa cerita sejarah yang menarik.

Perlu diketahui, menurut cerita masyarakat sekitar bahwa lokasi ini awalnya ditemukan oleh seorang prajurit yang bernama Dipokusumo melakukan pelarian dari Kerajaan Majapahit. Dimana, ia bersemedi di area pantai ini.

Saat bersemedi di area pantai, si prajurit tersebut melihat tetesan air yang menetes (tumaritis) pada sebuah celah batu karang (parang).

Bila dua kata tersebut dijadikan satu maka akan membentuk sebuah kata Parang Tumitris yang sekarang lebih dikenal menjadi Parangtritis.

Dari situlah akhirnya nama tersebut hingga kini digunakan sebagai nama populer dari tempat wisata terbaik di Kota Jogja.

Namun, dibalik cerita tersebut, tempat berlibur di Jogja ini sangat menarik dengan keindahan laut selatan yang membentang luas.

Lokasi Strategis dan Mudah Dijangkau

Letak obyek wisata ini berada di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, DIY.

Posisinya cukup strategis dan mudah dijangkau oleh banyak wisatawan karena akses jalan atau rute menuju ke lokasinya tidak sulit.

Jika diukur, jarak dari pusat kota ke pantai ini kira-kira sejauh 25-27 Km ke arah selatan. Jalurnya memiliki dua rute, Anda bisa melalui Jl Paris (Parangtritis) atau bisa juga melalui rute di Jl Imogiri. Gunakan jasa transportasi rental mobil dengan sopir di jogja agar perjalanan Anda nyaman dan aman.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Di lokasi wisata ini, Anda akan disuguhkan berbagai pengalaman menarik yang akan mampu merefreshkan pikiran.

Selain memiliki keindahan pantainya, di sepanjang lokasi wisata ini juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas yang memadai. Seperti payung pantai dan gelaran tikar untuk menemani berlibur bersama keluarga maupun pasangan.

Jika ingin ngemil, Anda bisa membeli makanan di sekitar lokasi. Beberapa penjual jagung bakar dan jajanan kecil banyak yang berjualan di area pinggir pantai tersebut.

  • Spot Foto Menarik dengan Background Ombak khas Laut Selatan

Di pantai ini, Anda akan mendapat suguhan pemandangan nan elok yang didominasi panorama lautan lepas.

Para wisatawan yang berkunjung pun bisa melihat ombak pantai khas laut selatan yang bergulung. Bahkan, deretan gunung-gunung kecil di sepanjang bibir pantai turut menghias keindahan alami dari tempat wisata ini.

Sehingga, cocok dijadikan sebagai spot menarik untuk pemotretan ataupun sekedar bercengkrama dengan deburan ombak laut yang menggulung.

Akan tetapi, ketika bermain air di sini, Anda harus berhati-hati dan mengikuti aturan wisata yang berlaku di area tersebut mengingat gelombangnya terbilang cukup sedang dan kuat.

  • Menyusuri Keindahan dengan Berkuda

Untuk menemain aktivitas berlibur, Anda juga bisa tepian laut berpasir dengan berkuda.

Dengan menunggang kuda Anda bisa menyisir di sepanjang pinggiran pantai yang tentunya didampingi oleh petugas yang ada di sana.

Harga sewa untuk menaiki kuda ini umumnya dipatok berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 50.000.

  • Bermain ATV

Tak hanya berkuda, untuk Anda yang ingin menyusuri pantai dengan cara touring, Anda pun bisa menyewa ATV yang banyak disewakan di area lokasi tersebut.

Para pengunjung yang datang bisa menggunakan ATV ini untuk melewati gundukan pasir di kawasan bibir pantai.

Biaya sewa untuk satu ATV berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000. Harga sewa bisa berubah-ubah, tergantung berapa lama waktu pemakaian ATV tersebut.

  • Menikmati Pesona Laut Selatan dengan Wahana Paralayang

Wahana Paralayang tampaknya menjadi sektor permainan yang menarik di lokasi ini. Buat Anda yang suka memacu adrenalin, agaknya wahana ini patut dicoba.

Anda bisa menikmati panorama dari atas bukit dengan melayang melalui paralayang di area sekitar tepi pantai. Dari ketinggian di atas perairan, para pengunjung akan menikmati birunya laut bersama hembusan angin.

Harga sewanya lumayan mahal. Karena, untuk pemakaian selama 15 menit, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 400.000. Namun, mahalnya harga tersebut setara dengan pengalaman pemandangan yang tak terlupakan.

Lihat tempat wisata di Jogja lainnya: De Mata Trick Eye Museum

Biaya Tiket Masuk

Untuk mengunjungi tempat rekreasi ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang di area pembayaran tiket yang terletak di Jalan Parangtritis.

Menariknya, harga tiket masuk tersebut berlaku untuk kunjungan ke beberapa obyek lain di kawasan yang sama, seperti Pantai Depok, Parangkusumo sampai wisata Gumuk Pasir.

Untuk tarif parkir di area lokasi biasanya dipatok seharga Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Jika Anda ingin berlibur selama beberapa hari di sini, ada banyak penginapan yang berada di area wisata. Harganya bermacam-macam dari puluhan ribu sampai ratusan ribu.

Harga Tiket Masuk
DewasaRp. 10.000

 

Tarif Parkir
MobilRp. 15.000
Sepeda MotorRp. 4.000

Bagi Anda yang sedang berlibur di Jogja, pantai ini menjadi destinasi wisata cukup menarik yang bisa Anda jadikan pilihan destinasi wisata bersama keluarga, sahabat, maupun pasangan.

Berbagai fasilitas yang lengkap dengan lokasi yang strategis, tentu tempat rekreasi di Pantai Parangtritis ini sangat cocok untuk mengisi hari libur Anda.

Title : Pantai Parangtritis

You might also like